Gareth Southgate Siap Depak 7 Pemain Inggris di Skuad Piala Eropa 2024

Gareth Southgate

Pelatih tim nasional Inggris, Gareth Southgate, siap mendepak tujuh pemain dari skuadnya yang akan dibawa ke Piala Eropa 2024 mendatang di Jerman.

Southgate sebelumnya sudah memanggil 33 pemain yang masuk dalam skuad sementara the Three Lions. Pelatih berusia 53 tahun ini lalu harus mengurangi jumlah skuadnya menjadi 26 pemain yang akan diterbangkan ke Jerman.

Ia dijadwalkan akan memutuskan hal tersebut pada Jumat (7/6) pukul 11 malam waktu setempat, satu jam usai partai persahabatan terakhir sebelum turnamen melawan Islandia di Wembley.

Pada laga persahabatan sebelumnya, Inggris menang mudah 3-0 atas Bosnia & Herzegovina di St James’ Park pada Senin lalu lewat gol Cole Palmer, Trent Alexander-Arnold, dan Harry Kane. Memainkan skuad lapis dua, Palmer dan Eberechi Eze tampil gemilang pada laga tersebut.

Beberapa pemain tenar juga sudah tidak dipanggil Southgate ke dalam skuad sementaranya seperti Marcus Rashford, Jordan Henderson, dan Ben Chilwell. Beberapa pemain muda mendapatkan panggilan ke skuad termasuk Jarell Quansah dan Adam Wharton.

“Kami memahami pentingnya hal ini bagi semua pemain sehingga kami memberikan rasa hormat dan perhatian yang layak untuk membuat keputusan yang adil dan tepat,” kata Southgate.

“Tentu saja, hal ini akan selalu bersifat subjektif. Bukan hanya mendapatkan individu-individu terbaik, ada unsur posisional di dalamnya juga.”

“Kami punya pilihan yang sangat bagus dan saya pikir kami berhasil lolos malam ini tanpa masalah fisik apa pun, dan itu sangat penting.”

Baca juga:

Southgate menambahkan dua partai pemanasan tersebut menjadi kesempatan emas untuk memberikan menit bermain kepada kapten Inggris, Kane, sebelum turnamen.

“Beberapa pemain membutuhkan pertandingan, mereka membutuhkan menit bermain dan mereka membutuhkan menit bermain lagi pada hari Jumat,” jelasnya. “Itulah mengapa kami memasukkan Harry Kane. Dia membutuhkan waktu bermain hari ini dan kemudian mendukungnya.

“Kami melakukan banyak hal untuk mencoba membuat individu terlibat, mengatur menit bermain, tampil baik, dan lainnya, tapi saya pikir ini adalah malam yang baik bagi kami.”

Menurut kabar yang beredar, James Maddison menjadi nama pertama yang didepak dari skuad untuk Piala Eropa. Ia dikabarkan telah meninggalkan kamp the Three Lions. Sebelumnya ia bermain selama 30 menit terakhir pada laga kontra Bosnia.

Gelandang serang Tottenham Hotspur tersebut harus menunggu lagi guna bermain di kompetisi internasional. Sebelumnya ia masuk ke dalam skuad di Piala Dunia 2022 lalu di Qatar, namun ia tidak dimainkan sebelum Inggris tersingkir di perempat final.

Maddison tampil gemilang sejak baru tiba di klub asal London Utara tersebut, dengan mencetak tiga gol dan lima asis pada sembilan laga pertama di Premier League. Namun bersamaan dengan menurunnya performa Tottenham, begitu juga dengan performa Maddison.

Ia sempat cedera selama tiga bulan yang menghambat perkembangannya. Sejak itu ia tidak lagi menjadi pemain yang sama. Ia hanya mencetak dua asis melawan Burnley dan Sheffield United sejak 10 Maret. 

Namun Maddison sendiri memiliki pola performa yang sama. Dalam lima musim terakhir, ia selalu mengawali musim dengan gemilang, namun menurun pada akhir musim. Situasi ini membuatnya sulit untuk dipertimbangkan bermain di turnamen internasional musim panas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *