Leonardo Bonucci Pensiun: Warisan Abadi di Dunia Sepak Bola

Leonardo Bonucci

Leonardo Bonucci, bek legendaris Italia dan Juventus, resmi mengumumkan pensiun dari dunia sepak bola pada usia 37 tahun. Keputusan ini menandai akhir dari karier yang gemilang dan penuh prestasi, dengan Bonucci meninggalkan jejak mendalam di dunia sepak bola.

Bonucci terakhir kali bermain untuk Fenerbahce di paruh kedua musim 2023-24, setelah sebelumnya membela Union Berlin selama setengah musim. Ia pindah ke Turki dengan harapan bisa dipanggil ke tim nasional Italia untuk Piala Eropa 2024, namun tidak mendapatkan panggilan dari pelatih Luciano Spalletti.

Dalam karier internasionalnya, Bonucci mencatat puncak prestasi dengan memenangkan Piala Eropa 2020 bersama Italia. Ia mencetak gol penyeimbang di partai final melawan Inggris, yang kemudian dimenangkan Italia melalui adu penalti. 

Di level klub, Bonucci paling dikenal karena kiprahnya bersama Juventus. Ia meraih delapan gelar Serie A, empat gelar Coppa Italia, dan lima Supercoppa Italiana. Sebagai bagian dari trio bertahan terkenal bersama Giorgio Chiellini dan Andrea Barzagli, yang dikenal sebagai BBC, Bonucci menjadi pilar pertahanan Juventus selama bertahun-tahun. 

Baca juga:

Vinicius Jr : ‘Ancelotti Telah Melakukan Segalanya Untuk Saya’
Kapten Real Madrid Nacho : ‘Selangkah Lagi Kami Bisa Samai Rekor Gento’
Cristiano Ronaldo Pecahkan 2 Rekor Sekaligus di Liga Pro Saudi
Borussia Dortmund Inginkan Jadon Sancho dan Greenwood

Dalam video perpisahan yang diunggah di media sosial, Bonucci menyampaikan refleksinya tentang kariernya. “Sebagai seorang anak, saya memimpikan kisah yang akan saya ceritakan, menjanjikan diri saya sendiri pencapaian yang harus diraih melawan hal terbesar, merayakannya, memiliki keyakinan melalui kesulitan dengan keberanian,” ujarnya.

Juventus juga memberikan penghormatan khusus kepada Bonucci, mengakui kontribusi besar dan warisannya dalam sejarah klub. “Leonardo Bonucci telah memutuskan untuk pensiun dari dunia sepak bola, sebuah pengumuman yang sangat menyentuh hati kami,” tulis Juventus dalam pernyataan resmi mereka.

Setelah memutuskan pensiun, warisannya dalam sepak bola Italia dan Eropa akan selalu dikenang, menjadikan Bonucci sebagai salah satu bek terbaik dalam sejarah.

Dengan pensiunnya Bonucci, dunia sepak bola kehilangan salah satu pemain bertahan terbaik yang pernah ada. Warisan dan kontribusinya akan terus dikenang oleh para penggemar dan pemain sepak bola di seluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *